Jurnal & makalah

ABSTRAK

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR METEMATIKA SISWA KELAS XI.IPA SMA YASMDIDA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Oleh

Sofwan Adi Putra

Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai mahluk sosial, tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Mereka saling membutuhkan antara satu sama lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidup. Dalam hidup bersama perlu adanya suatu interaksi yaitu proses timbal balik yang bertujuan mendewasakan manusia agar nantinya dapat menemukan jati dirinya secara utuh. Untuk dapat memahami interaksi itulah secara khusus dikenal istilah interaksi belajar-mengajar yang titik penekanannya ada pada motivasi. Motivasi inilah yang mendorong seseorang untuk melakukan sebuah pekerjaan maupun kegiatan seperti halnya belajar. Hasil belajar akan menjadi optimal jika ada motivasi belajar. Dengan  motivasi, pelajar dapat mengembangkan aktivitas dan inisiatif kearah yang lebih baik. Jadi motivasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan konseling kelompok terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas XI.IPA1 SMA Yasmida kecamatan Ambarawa. Adapun metode yang digunakan adalah metode tindakan (action research) dan menggunakan 10 siswa yang digunakan sebagai objek penelitian. Model penelitian  tindakan yang digunakan adalah model Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi dengan pelaksanaan selama 3 kali siklus dengan menggunakan pola kolaboratif.

 

Kesimpulan hasil pengujian hipotesis yang merupakan hasil akhir penelitian ini menyatakan bahwa : “Dengan mengunakan metode Layanan Konseling Kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas XI IPA 1 Semester ganjil SMA Yasmida Ambarawa tahun pelajaran 2010/2011”.  Dengan hasil yang terdapat pada data obervasi, yang mana pada siklus I Jumlah total skor siswa hanya 656 dengan persentase 60,7% dan berkatagori rendah. Hasil siklus tersebut meningkat 8% jika dibandingkan dengan hasil data observasi pada siklus II dimana jumlah total skor siswa 742 dengan persentase 68,7% dengan katagori sedang. hasil tersebut lebih rendah dengan hasil siklus III dimana jumlah total skor siswa 902 dengan persentase 83,5 dengan katagori tinggi dan mengalami peningkatan sebanyak 14, 8%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s