Dasar-dasar BK

FUNGSI PELAYANAN KONSELING

  1. Pemahaman, yaitu fungsi layanan konseling agar subjek yang dilayani (dan pihak-pihak terkait) memahami kondisi dirinya sendiri dan lingkungannya serta berbagai kontekstualnya. Fungsi ini secara langsung mendasari teraktualisasikannya fungsi:
  2. Pemeliharaan dan pengembangan, yaitu fungsi layanan konseling untuk memelihara dan mengembangkan kondisi positif (dalam kaitannya dengan pancadaya) yang ada pada diri subjek yang dilayani dan mengarahkannya kepada kehidupan perilaku KES. Dengan dipahami, dipelihara dan dikembangkannya kondisi positif pada diri subjek yang dilayani sehingga menjadi KES, akan dapat diwujudkan fungsi:
  3.  Pencegahan, yaitu fungsi layanan konseling untuk mencegah timbul/berkembangnya kondisi negatif pada diri subjek yang dilayani (yang mengakibatkan KES-T). Apabila kondisi negatif KES-T sudah telebih dahulu dialami dan/atau dirasakan dapat terjadi pada diri subjek yang dilayani, perlu diupayakan tegaknya fungsi:
  4. Pengentasan, yaitu fungsi pelayanan konseling untuk mengatasi kondisi negatif/KES-T pada diri subjek yang dilayani sehingga menjadi positif/KES (kembali). Fungsi pencegahan dapat secara khusus terfokus pada fungsi:
  5.  Advokasi, yaitu  fungsi layanan konseling untuk menegakkan kembali hak (hak-hak) subjek yang dilayani yang  terabaikan dan/atau dilangar/dirugikan pihak lain.

Kelima fungsi konseling di atas hampir selalu tidak pernah berjalan sendiri-sendiri, melainkan dalam kombinasi yang satu dengan lainnya. Dalam hal itu, fungsi pertama, yaitu fungsi pemahaman menjadi pengawal terwujudnya fungsi-fungsi lainnya.

Prayitno & Amti Erman. 1994. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:   Rineka Cipta.

Prayitno. 2009. Wawasan Profesional Konseling. Padang: UNP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s