Dasar-dasar BK

Karakteristik AUM UMUM

Pada dasarnya AUM umum ini berfungsi untuk mengungkapkan masalah-masalah yang bersifat umum yang masing-masing terbentuk kedalam beberapa format yaitu :

  • Format 1 untuk Mahasiswa
  • Format 2 untuk SLTA
  • Format 3 untuk SLTP
  • Format 4 untuk SD
  • Format 5 untuk masyarakat
  1. Komposisi

Dengan memperhatikan ruang lingkup dan kondisi kehidupan siswa maka AUM seri umum memuat berbagai masalah yang mungkin dialami oleh siswa yang meliputi sejumlah item yang memuat berbagai masalah yang mungkin dialami oleh siswa yang semuanya dikelompokan kedalam 10 bidang sebagai berikut :

1). Jasmani dan kesehatan

2). Diri Pribadi

3). Hubungan Sosial

4). Ekonomi dan Keuangan

5). Karir dan Pekerjaan

6). Pendidikan dan Pelajaran

7). Agama, Nilai dan Moral

8). Hubungan muda-mudi

9). Keadaan dan hubungan dalam keluarga

10). Waktu sengang.

2. Kesahihan

Kesahehan AUM umum diperiksa dengan cara mencocokkan jenis-jenis masalah yang dikemukakan oleh siswa tanpa mempergunakan AUM dengan masalah-masalah siswa yang sama yang dinyatakan melalui AUM. Prosedur menuliskan jenis-jenis masalah pada kertas kosong dilakukan sebelum siswa yang bersangkutan mengisi AUM.

3. Keterandalan

Keterandalan AUM UMUM ini diperiksa melalui prosedur “test retest”. Dalam prosedur ini jarak pengadminitrasian pertama dan kedua untuk siswa yang sama diperbandingkan untuk melihat apakah masalah-masalah yang terungkap melalui pengadminitrasian yang pertama tetap muncul pada pengadmintrasian yang kedua.

4. Keefektifan

Keefektifan AUM umum diliat dengan membandingkan kesesuaian jumlah masalah yang dikemukakan siswa dengan cara non-AUM (yaitu dengan menuliskan masalah-masalah yang dialami pada selembar kertas kosong) dengan masalah-masalah yang terungkap melalui AUM umum .

5. Variasi masalah

Masalah-masalah siswa yang terungkap melalui AUM umum ternyata sangat bervariasi. Seluruh item yang berjumlah 225 buah yang tercantum dalam buku AUM umum  semuanya pernah dipilih sebagai masalah siswa. Dari masalah-masalah tersebut ada yang dialami oleh sejumlah besar siswa, adapula yang dialami oleh sejumlah kecil siswa saja.

Contoh AUM umum format SMA  sebagai berikut  (alat-ungkap-masalah-siswa-sma)

2 thoughts on “Karakteristik AUM UMUM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s