Metodologi penelitian

PENGUMPULAN DATA KUALITATIF

Tujuan Pengambilan Sampel

Istilah penelitian kualitatif digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dalam purposive sampling, peneliti sengaja memilih individu dan situs untuk belajar atau memahami fenomena pusat. Standar yang digunakan dalam memilih peserta dan situs yang keduanya, mereka adalah “informasi kaya” (Patton, 1990. p169).

Gatekeepers

Gatekeeper adalah seseorang yang memiliki peran resmi atau tidak resmi di situs, menyediakan pintu masuk ke sebuah situs, membantu peneliti menemukan orang-orang, dan membantu dalam identifikasi tempat untuk belajar (Hammersley & Atkinson, 1995).

Anda mungkin diminta untuk menyampaikan informasi tertulis tentang proyek untuk melanjutkan. Informasi tersebut mungkin mencakup:

  1. Mengapa mereka yang dipilih untuk penelitian
  2. Apa yang akan dicapai di situs selama studi penelitian (i. e, waktu dan sumber daya yang diperlukan oleh peserta dan sendiri)
  3. Berapa banyak waktu Anda akan menghabiskan di situs
  4. Apa ada potensi untuk kehadiran Anda akan mengganggu
  5. Bagaimana Anda akan menggunakan dan melaporkan hasilnya
  6. Apa yang orang di tempat itu akan mendapatkan dari penelitian (Bogdan & Biklen, 1998)

Informasi Apa yang Akan Kita Kumpulkan? 

Aspek lain dari pengumpulan data kualitatif adalah untuk mengidentifikasi jenis data yang akan menjawab pertanyaan penelitian Anda. Kita bisa melihat sifat beragam bentuk data kualitatif ketika mereka ditempatkan ke dalam kategori berikut:

1. Pengamatan

2. Wawancara dan kuesioner

3. Dokumen

4. Bahan Audiovisual

Jenis Wawancara dan Pertanyaan Terbuka  pada Kuesioner

Ada beberapa pendekatan untuk wawancara dan menggunakan pertanyaan terbuka pada kuesioner.

  • Wawancara satu-satu
  • Wawancara kelompok
  • Wawancara telepon

Melakukan Wawancara

Di semua bentuk wawancara, beberapa langkah umum dalam melakukan wawancara atau membangun kuesioner terbuka:

  1. Identifikasi orang yang diwawancarai.
  2. Tentukan jenis wawancara yang akan Anda gunakan.
  3. Selama wawancara, rekam pertanyaan dan tanggapan.
  4. Membuat catatan singkat selama wawancara.
  5. Cari tempat yang tenang, yang cocok untuk melakukan wawancara.
  6. Memperoleh persetujuan dari orang yang diwawancarai untuk berpartisipasi dalam penelitian.
  7. Memiliki rencana, tetapi fleksibel. Selama wawancara, tetap dengan pertanyaan yang terencana, tetapi cukup fleksibel untuk mengikuti pembicaraan yang diwawancarai.
  8. Gunakan probe untuk memperoleh informasi tambahan.
  9. Jadilah pewawancara yang sopan dan profesional saat wawancara selesai.

Dokumen

Dokumen adalah sebuah sumber informasi yang berharga dalam penelitian kualitatif. Dokumen terdiri dari catatan publik dan rahasia yang didapatkan peneliti kualitatif dari situs atau peserta dalam penelitian, bisa dari surat kabar, risalah rapat, jurnal pribadi, dan huruf. Sumber-sumber memberikan informasi yang berharga dalam membantu para peneliti memahami fenomena sentral dalam penelitian kualitatif.

Mengumpulkan dokumen

Berikut adalah beberapa panduan yang berguna untuk mengumpulkan dokumen dalam penelitian kualitatif:

  1. Mengidentifikasi jenis dokumen yang dapat memberikan informasi yang berguna untuk menjawab pertanyaan penelitian kualitatif Anda.
  2. Pertimbangkan kedua dokumen publik (misalnya, sekolah papan menit) dan privat (misalnya, perbuku harian personal) sebagai sumber informasi bagi penelitian Anda.
  3. Setelah dokumen berada, minta izin untuk menggunakannya dari individu-individu yang tepat yang bertanggung jawab atas materi.
  4. Jika Anda meminta peserta untuk membuat jurnal, memberikan petunjuk spesifik tentang prosedur.
  5. Setelah Anda memiliki ijin untuk menggunakan dokumen, periksa mereka untuk akurasi, kelengkapan, dan kegunaan dalam menjawab pertanyaan penelitian dalam studi Anda.
  6. Mencatat informasi dari dokumen.

Bahan audiovisual

Bahan Audiovisual terdiri dari gambar atau suara yang peneliti kumpulkan untuk membantu mereka memahami fenomena pusat dalam studi. Digunakan dengan menambah jumlah frekuensi dalam penelitian kualitatif, gambar atau bahan visual seperti foto, kaset video, gambar digital, lukisan dan gambar) adalah semua sumber informasi untuk penyelidikan kualitatif.

Mengumpulkan Bahan Audiovisual

Langkah-langkah yang terlibat dalam pengumpulan materi visual yang mirip dengan langkah-langkah yang terlibat dalam pengumpulan dokumen:

  1. Tentukan material visual apa yang dapat memberikan informasi untuk menjawab pertanyaan penelitian dan bagaimana materi yang mungkin meningkatkan bentuk-bentuk data yang ada, seperti wawancara dan observasi.
  2. Mengidentifikasi bahan visual yang tersedia dan mendapatkan izin untuk menggunakannya.
  3. Periksa keakuratan dan keaslian materi visual jika Anda tidak merekam sendiri.
  4. Kumpulkan data dan mengaturnya.

BAGAIMANA ANDA MENCATAT DATA?

Sebuah proses penting dalam penelitian kualitatif adalah pencatatan data (lofland & Lofland, 1995). Proses ini melibatkan merekam informasi melalui protokol penelitian, pengumpulan data administrasi sehingga Anda dapat mengantisipasi potensi masalah dalam pengumpulan data, dan membawa  kepekaan terhadap isu-isu etis yang dapat mempengaruhi kualitas data.

Menggunakan Protokol

Seperti telah dibahas, untuk dokumen dan bahan-bahan visual, proses merekam informasi  mungkin informal (catatan pengambilan) atau formal (optik scanning bahan untuk mengembangkan tergopoh-gopoh komputer teks lengkap).


ISU ETIS DALAM PENGUMPULAN DATA

Dalam mengumpulkan data untuk sebuah proyek kualitatif, peneliti mencari sebuah deskripsi mendalam tentang sebuah fenomena. Peserta mungkin diminta untuk membahas rincian pribadi pengalaman hidup mereka selama periode waktu. Proses ini memerlukan tingkat kepercayaan yang cukup berdasarkan tingkat tinggi pengungkapan peserta. Karena sifat dari penelitian ini, isu-isu etis mungkin timbul. Diskusi ini menawarkan beberapa masalah etika dan pedoman harus diantisipasi ketika melakukan penelitian kualitatif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s