Pendekatan Konseling · Uncategorized

Social Cognitive Career Theory (SCCT)

Salah satu pendekatan konseling karir adalah Social Cognitive Career Theory (SCCT), merupakan  merupakan teori karir yang berdasarkan teori self efficacy Bandura yang menyatakan hubungan yang saling mempengaruhi antara manusia dan lingkungannya. Teori ini beranggapan bahwa tujuan, kepentingan dan pilihan karir sangat berkaitan dengan keyakinan diri dan harapan seseorang. SCCT menjelaskan tiga model dalam pengembangan karier seseorang yaitu (a). pengembangan akademik dan minat jurusan, (b) bagaimana individu membuat pilihan pendidikan dan karier, dan (c) kinerja dan stabilitas diri. Ketiga model ini memiliki penekanan berbeda yang berpusat pada tiga variabel utama yaitu self efficacy, harapan dari pelaksanan karir, dan tujuan pribadi. (Alvin Leung:2008).

SCCT berasal terutama dari teori kognitif Sosial Albert Bandura  yang  menekankan interaksi antara diri pemikiran dan proses sosial dalam membimbing perilaku manusia, SCCT telah terbukti sangat heuristik, menemukan aplikasi dalam berbagai domain psikososial seperti prestasi pendidikan, perilaku kesehatan, manajemen organisasi, dan reaksi afektif. Dalam merumuskan SCCT berupaya untuk beradaptasi, menguraikan, dan memperluas aspek-aspek teori Bandura yang tampaknya paling relevan dengan proses pembentukan minat, pemilihan karir, dan kinerja.. ( Lent, Brown, dan Hackett;2002)

SCCT terkait dengan dua cabang penyelidikan karir yang telah berevolusi dari kerangka umum Bandura: teori belajar social, dan  teori Krumboltz tentang pengambilan keputusan karir menurut Krumboltz; Krumboltz, Mitchell, & Jones; Mitchell & Krumboltz (dalam Lent Brown, dan Hackett;2002)

SCCT merupakan teori yang relative dinamis dan mengutamakan kekhasan dalam diri seseorang, yang melibatkan secara konseptual mempengaruhi hubungan sebab akibat. SCCT membayangkan orang-orang dan lingkungan saling mempengaruhi satu sama lain, tetapi mereka melihat perilaku sebagai hasil dari interaksi seseroang dengan lingkungan (Bandura, dalam Lent, Brown, dan Hackett;2002).

Untuk mengenali hubungan tersebut, pengaruh interaksi antara orang-orang, lingkungan mereka, dan perilaku, subscribes SCCT mengikuti triadic-timbal balik Bandura, atau timbal balik sepenuhnya, model kausalitas (Bandura, dalam Lent, Brown, dan Hackett;2002).

sumber:

Alvin Leung. 2008. The Big Five Career Theories. J.A. Athanasou, R. Van Esbroeck (eds.) International Handbook of Career Guidance. China: Business Media B.V.

Lent, Robert. W., Brown, Steven D. 2002. Social Cognitive Career Theory. Duena Brown etl (Eds).  Career Choice and Development Fourth Edition). New York: Wiley Campany.

 

2 thoughts on “Social Cognitive Career Theory (SCCT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s